Jumat, 26 Februari 2010

Perkebunan Teh Dewata

Kemaren nonton Global TV, gak sengaja denger berita longsor di Perkebunan Teh Dewata. Mungkin, teman-teman yang lain juga udah tahu ya? Perkebunan teh ini terletak di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. It just terribble... Karna yang saya dengar diberita, perkebunan teh ini cukup sukses. Karena, selain daun teh yang dihasilkan sangat berkualitas, pekerjanya juga mempunyai keterampilan dalam memilah-milah daun dengan kualitas terbaik. Bahkan hasil produksi dari teh ini, sampai di ekspor ke kerajaan Inggris!

Ini dia foto Perkebunan Teh Dewata sebelum longsor...











Tapi sekarang? Semua telah rata dengan tanah. Perkebunan teh Dewata sekarang malah dikabarkan akan ditutup dalam waktu yang tak ditentukan. Yah, semua ini pasti gak bakal terjadi jika karena ulah manusia sendiri. Ini dikarenakan pengalihfungsian lahan yang (saya dengar) menjadi daerah permukiman. Ditambah lagi tanah disekitar longsor yang berkonstruksi berbukit-bukit itu hanya ditanami kebun teh, sehingga sangat rawan longsor saat musim penghujan.

Ini foto setelah longsor....













Perkebunan teh Dewata sendiri persisnya terletak diantara lembah yang diapit oleh pegunungan di sekelilingnya. Dan jika kita lihat dari sana, maka tampaklah terhampar menghijau perkebunan teh ini sampai ke hutan kaki gunung, kebun teh ini berada di tengah hutan belantara. Di dasar lembah mengalir sungai yg berkelok-kelok mengikuti alur bukit, tampak di bawah lembah sebuah telaga dimana air sungai dibendung dan di sekitarnya, berjajar rumah-rumah kebun teh dengan bangunan besar pabrik teh di tengahnya. Walau saya tidak pernah kesana, tapi dengan membayangkannya saja sudah sangat menakjubkan! Konon daerah tersebut dinamakan dewata, karena menurut kepercayaan orang-orang dulu, daerah itu adalah tempat bersemayamnya para dewa. Oh iya, sejarah perkebunan teh ini didirikan oleh seorang pengusaha perkebunan Belanda pada awal abad 20. Bisa dikatakan tempat ini tidak banyak berubah sejak 100 tahun yang lalu. Daerah ini juga termasuk daerah terpencil, kendaraan sangatlah jarang berlalu lalang, bahkan dua tahun yang lalu listrik belum masuk. Sehingga orang-orang disana membuat sendiri pembangkit listrik skala kecil dengan memanfaatkan sungai yg mengalir di tengah lembah tersebut, dimana berada pula perumahan karyawan kebun teh dan pabrik pengolahan teh.

Dan setelah musibah longsor tersebut, ribuan karyawan PT Chakra (Nama perusahaan perkebunan teh Dewata) telah dievakuasi keluar area perkebunan. Sedangkan sejumlah karyawan asli Kampung Dewata ada yang memilih bertahan di area perkebunan dengan medirikan tenda-tenda darurat dan ada yang memilih tinggal di rumah sanak keluarga terdekat. Dan korban terakhir yang saya baca dari internet malah sudah mencapai 26 orang. Yang artinya, bertambah 6 orang dari yang saya dengar di TV kemarin. Atau udah bertambah lagi?

Yah... kita hanya bisa berdoa semoga para korban dapat menghadapi cobaan ini dengan sabar dan tabah. Dan bagi perkebunan Teh Dewata sendiri, semoga dapat cepat bangkit dari keterpurukan ini. Dan point yang terpentingnya adalah, agar kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari cobaan ini. Amin....

1 komentar:

  1. AYO DAFTARKAN DIRI KALIAN SEKARANG JUGA DI http://metroqq.com/Register.aspx?lang=id

    www.metroqq.com juga menyediakan bonus yang diantaranya :

    NEW GAME BANDARPOKER
    RASAKAN SENSASI BERMAIN POKER DAN MENJADI BANDAR !!

    - Bonus Referral 10% otomatis langsung ke IDR anda, dan 10% akan dibagikan setiap hari senin
    - Bonus Cashback 0,3% - 0,5%
    - 300% Fair Play
    - NO ROBOT & ADMIN
    - Proses Withdraw & Deposit Tercepat
    - Di layani dengan 5 bank : Mandiri, BCA, BNI, BRI,Danamon
    - Customer Service yang baik, ramah dan cantik tentunya

    Dengan deposit minimal Rp.15.000 Anda sudah dapat bermain 6 game tersebut yang tentunya seru dan asik..

    untuk info contact dan customer service kami, Anda bisa menghubungi kami di :
    WEBSITE : WWW.METROQQ.COM
    PIN BBM : 2BE32842
    SKYPE : Metro.QQ
    Facebook : MetroQQ.id@gmail.com
    Twitter : @MetroQQ

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar, berpendapat, dll. Tiap komentar akan saya balas, dan akan saya kunjungi balik. Bagi yang mau tukaran link atau saling follow juga boleh :)