Minggu, 16 Mei 2010

Apa sih itu Batik?

Masih ingat postingan saya tentang batik kemaren? Ya, setelah saya perhatikan. Rupanya banyak sekali para rekan blogger merespon positif tentang hal ini. Maka dari itu, di postingan ini saya akan melanjutkan tulisan saya tentang batik. Kalau yang kemaren saya lebih condong buat mengajak pake batik, sekarang saya akan menjelaskan lebih rinci apa sih itu batik? Apa sih jenis-jenisnya? Dan apa sih yang dikatakan batik itu?

Karena belum tentu loh, hanya dengan batik bisa menunjukkan rasa nasionalisme. Harus di cek dulu, apa itu memang batik asli Indonesia atau bukan. Pernah beberapa tahun yang lalu heboh, ada batik buatan dari China, yang harganya malah lebih murah dari batik Indonesia. Nah lho….

Oke, daripada banyak basa-basi, ayo kita mulai dari awal. Apa itu batik? Mari kita lihat definisinya terlebih dahulu dari Om Wikipedia:

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik". Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak - menggunakan canting atau cap - dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak "malam" (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing. Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik - biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) - bukan kain batik.

Jika dilihat dari definisi diatas, berarti batik bukanlah sebuah corak. Tapi lebih kepada teknik pembuatan corak dengan menggunakan cap, atau “malam”. Yang diterapkan diatas kain.

Jadi intinya, meskipun kita tiap hari pake batik kemana-mana. Tapi kalo batik itu batik printing, alias buatan pabrik. Sama aja bohong. Bukannya pengrajin batik diuntungkan, malah dengan kita memakai batik printing tersebut, bisa-bisa menghancurkan kerajinan batik itu sendiri.

Oleh karena itu, periksa batik kita dari sekarang. Apa benar, batik-batik yang kita beli itu memang benar-benar batik, yang dibuat dengan teknik membatik yang sebenarnya, atau malah hanya buatan pabrik?

Perlu diketahui juga buat kita, batik juga banyak jenis-jenisnya. Kebanyakan orang hanya tau bahwa motif yang berulir-ulir penuh titik, berlengkung lengkung itu adalah Batik, padahal Batik Indonesia itu macam-macam. Ada Batik jawa, Batik Madura, Batik Palembang dan lain-lain. Ciri khas dari masing-masing daerah pun berbeda-beda.

Berikut contohnya:

Batik Madura



Orang-orang dari pulau garam ini kebanyakan bersifat tegas dan keras, sehingga motif Batiknyapun bercorak tegas dengan menggunakan warna dasar cerah dan mencolok, sedangkan warna motifnya kebanyakan berwarna kuning, merah dan hijau.
ciri khas masyarakat lokal juga terlihat dari motif yang mereka buat misalnya pucuk tombak, belah ketupat, bahkan ada juga motif yang mengangkat flora dan fauna yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat madura.

Batik Pekalongan



Batik Pekalongan, adalah Batik pesisir yang paling kaya akan warna, kalau dicermati kita akan menemukan 8 - 9 warna dalam 1 kain batik ( berbeda dengan batik solo dan jogja yang kebanyakan hanya 2 atau 3 warna saja ), motifnya kebanyakan berupa buketan bunga yang dirangkai sangat indah dengan kontras warna yang cukup menarik.
salah satu motif Batik Pekalongan yang menarik adalah Batik Pagi Sore yang menampilkan 2 sisi warna yang berbeda pada 1 kainnya, jadi terkesan ada 2 motif dalam 1 kain, padahal hanya menampilkan kebalikan warnanya.

Batik Cirebon



Design batik Cirebon bernuansa klasik tradisional yang selau menyertakan motif wadasan ( batu cadas ) pada bagian-bagian tertentu, juga sering dilihat terdapat motif awan (mega) yang ditempatkan dengan sangat sesuai di setiap bagiannya. Batik cirebon yang sering kita jumpai sekarang adalah motif Mega mendung.

Batik Palembang



Batik Palembang menggunakan bahan antara lain sutra, alat tenun bukan mesin (ATBM), organdi, jumputan, katun, dan blongsong. Adapun motif batik Palembang di antaranya kembang jepri, lasem, sisik ikan, gribik, encim, kembang, bakung, kerak mutung, sembagi, dan salahi. Batik Palembang mempunyai ciri khusus dengan motif yang halus dan warnanya yang magis. Sewet Batik Palembang yang terkenal adalah Sewet Batik Jepri dan Batik Lasem

Gimana? Kebayangkan betapa beragamnya batik kita ini. Makanya kudu bangga jadi orang Indonesia. Oh iya kalo bagi ada yang mau nambahin, tentang jenis-jenis batik yang lain. silahken….


Sumber riset dapet disini, dan disini.

9 komentar:

  1. ber arti baju batik yang ku pakai ini jenis batik madura , soalnya mirip gitu ,, sip ,, trima kasih uat jurneylistnya ,, dengan memperkenalkan jenis batik jadi tahu dah aku , he he

    BalasHapus
  2. Manteep nih batik2 nya .. banyak jenisnya .. ;)
    Sob,, awardnya dah diambil belum ?? Liad di postingan saya yg award yah ..
    Visit me back .. ^^

    BalasHapus
  3. kayaknya lagi rajin posting soal batik nih....


    :D

    BalasHapus
  4. uda di bilangin batik itu gak ada rambutnya
    batik apa botak ya...?

    BalasHapus
  5. Batik itu hasil karya jenius dari nenek moyang kita.. Pola dasarnya tidak sembarangan terjata butuh perhitungan matematis tertentu

    BalasHapus
  6. i love batik so much :D


    crazy no play it's mean GILA BUKAN MAIN, Iconnya LEBAH. kenapa lebah? karena lebah bisa buat madu yang sangat enak dari berbagai macam saripatih bunga, dan gue bisa membuat baju yang bagus dengan berbagai bahan! itu kenapa gue membuat barcodenya KING BEE dan QUEEN BEE, mau tau gimana rasanya disengat lebah? rasanya pasti GILA BUKAN MAIN, coba deh! mau jadi makan cantik? beli salah satu produk disini, mau queen bee yang mana?

    BalasHapus
  7. @mundo: hoho... thx apresiasinya mas...
    @abdulhafiz: oke deh, ntar saya pajang. O iya, itu namanya salah loh...
    @skydrugz: ini cuma mo nyambung postingan yg kemaaren, supaya kita gak salah kaprah...
    @danil: salah, batik itu nama daerah. eh, itu batak ya...?
    @indotop: betulbetulbetul, karena itu hargailah batik. btw, thx dah mampir...
    @fai: oh begitu... kalo arti crazy no play sih saya udah tau artinya. Tapi kayaknya keren juga ya designya....

    BalasHapus
  8. I do love batik so much!!!
    meskipun cuma seminggu sekali pakenya...


    need IT??
    http://www.linovtech.com

    BalasHapus
  9. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)


    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar, berpendapat, dll. Tiap komentar akan saya balas, dan akan saya kunjungi balik. Bagi yang mau tukaran link atau saling follow juga boleh :)