Selasa, 26 Agustus 2014

Mengenal Pertambangan Lebih Dekat


Indonesia, dikenal sebagai negara yang mempunyai hasil tambang paling beragam dan banyak yang tersebar di kepulauannya. Berbagai jenis pertambangan dibangun demi memenuhi kebutuhan dunia akan bahan tambang bagi industri hilir yang sangat tinggi. Tidak jarang banyak orang-orang ingin menggeluti dunia pertambangan karena hasil yang dapat sangat menggiurkan karena harga dari hasil tambang yang langka dan tidak bisa diperbaharui itu relatif tinggi. Tapi dibalik itu semua, melakukan usaha pertambangan tidaklah semudah yang dibayangkan, dibalik keuntungannya yang besar, usaha tambang seperti ini juga bukan tanpa resiko. Butuh usaha dan modal yang besar untuk menggeluti bidang ini. Belum lagi waktu yang cukup lama sebelum mendapatkan hasil tambang yang di inginkan.

Dalam tulisan ini, saya hanya sekedar ingin share tentang pertambangan di Indonesia, saya bukan ahli pertambangan. Tapi saya menulis ini agar kita setidaknya tau gambaran umum tentang pertambangan. Alangkah lucunya kita sebagai warga yang negaranya sebagai penghasil tambang terbesar tidak tau apa-apa tentang tambang itu sendiri. Walaupun tak berminat, setidaknya dengan membaca ini kita bisa sedikit tau dan belajar.

Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan, pengolahan, pemanfaatan, dan penjualan bahan galian (seperti mineral, batubara, panas bumi, dll)
Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 27 tahun 1980, penggolongan bahan galian terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan fungsi dan perannya terhadap kehidupan manusia dan negara yaitu:

1. Bahan Galian Golongan A

Penambangan Minyak Bumi
Bahan galian yang mempunyai nilai strategis bagi pertahanan dan keamanan negara atau perekonomian negara. Contohnya seperti: minyak bumi, batubara, uranium, bitumen cair, dan gas alam.

2. Bahan Galian Golongan B

Kristal Titanium
Yang termasuk dalam hasil bahan galian golongan B adalah bahan galian yang mempunyai nilai penting (vital) yang dapat menjamin kehidupan atau hajat hidup orang banyak. Yang termasuk golongan ini adalah: besi, mangan, titanium, perak, intan, emas, platina, dan lain-lain.

3. Bahan Galian Golongan C

Pasir Kwarsa
Bahan galian yang tidak termasuk bahan galian golongan A dan C alias bahan galian yang digunakan untuk proses produksi yang dapat digunakan secara langsung tanpa atau sedikit proses pengolahan terlebih dahulu. Contoh bahan galian ini adalah: pasir, batu bangunan, tanah urug, gamping, batu apumg, marmer, pasir kwarsa, batu permata, granit, tanah liat, dan sejenisnya.

Bahan galian sebagai objek pertambangan memiliki sifat utama diantaranya tidak dapat diperbaharui, keterdapatannya tersebar di permukaan bumi secara tidak merata seperti di hutan, persawahan, di sungai, di bawah laut, di pegunungan sehingga sering menimbulkan masalah tumpang tindih pemanfaatan lahan. Dalam skala besar usaha pertambangan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Jangka waktu pengusahaan lama, kecuali untuk tambang bahan galian golongan C.
2. Padat modal, sebagai contoh PT. Newmont membutuhkan investasi sebesar USD 1,8 milliar
3. Padat teknologi, membutuhkan teknologi tinggi dalam melakukan operasinya.
4. Beresiko tingggi terhadap keselamatan kerja dan lingkungan.

 

Tahapan Kegiatan Pertambangan 


Kegiatan industri tambang mempunyai tahapan yang sangat rumit dan panjang, tiap tahapannya tersebut saling berhubungan erat dan harus dilakukan secara berurutan, tahapan tersebut adalah: penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, perencanaan penambangan, persiapan / konstruksi, penambangan, pengolahan bahan galian, dan pemasaran.


1. Penyelidikan umum

 

Adalah kegiatan penyelidikan, pencarian dan atau penemuan endapan mineral-mineral berharga. Pada tahapan ini kegiatan yang dilakukan hanya sebatas pada pemetaan permukaan, penyelidikan geofisika, geokimia, serta pengambilan sample singkapan batuan dalam jmlah yang kecil melalui paritan dan sumur uji dalam ukuran yang kecil untuk mengtahui keberadaan bahan galian. Kegiatan ini tidak membutuhkan pembukaan lahan yang luas dan tidak membutuhkan alat-alat berat.

2. Eksplorasi

 

Adalah pekerjaan lanjutan setelah penyelidikan umum yaitu setelah ditemukannya endapan bahan galian untuk mengetahui dan mendapatkan ukuran, bentuk, letak (posis), kadar dan jumlah cadangan bahan galian. Pada tahapan ini kegiatan yang dilakukan seperti pengeboran inti dengan kedalaman tertentu untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan bahan galian, pengambilan sample hasil pemboran diperlukan dalam jumlah kecil untuk mengetahui kandungan serta kadar mineral. Dalam kegiatan ini belum membutuhkan pembukaan lahan secara luas, bukaan lahan hanya dilakukan pada setiap pemboran sekitar 50 meter persegi.

3. Studi kelayakan

 

Adalah studi yang dilakukan untuk menghitung untung atau ruginya apabila kegiatan pertambangan dilakukan. Kegiatan ini dilakukan setelah mendapatkan data cadangan dan kadar bahan galian. Beberapa aspek yang ditinjau dari studi kelayakan ini adalah, aspek ekonomi, teknologi dan lingkungan. Apabila menguntugkan dilihat dari ketiga aspek tersebut maka kegiatan pertambangan akan dilanjutkan pada perencanaan penambangan, tetapi apabila tidak menguntungkan, maka data eksplorasi akan disimpan sebagai arsip dan tidak dilanjutkan kegiatannya sampai pada suatu saat memungkinkan untuk dilanjutkan.

4. Perencanaan penambangan

 

Adalah kegiatan yang dilakukan untuk merencanakan secara teknis, ekonomi dan lingkungan kegiatan penambangan, agar dalam pelaksanaan kegiatannya dapat dilakukan dengan baik, aman terhadap lingkungan.

5. Persiapan / Konstruksi

 

Adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan fasilitas penambangan sebelum operasi penambangan dilakukan. Pekerjaan tersebut seperti pembuatan akses jalan tambang, pelabuhan, perkantoran, bengkel, mess karyawan, fasilitas komunikasi dan pembangkit listrik untuk keperluan kegiatan penambangan., serta fasilitas pengolahan bahan galian.

6. Penambangan

 

Adalah kegiatan penggalian terhadap bahan tambang yang kemudian untuk dilakukan pengolahan dan penjualan. Pada tahapan ini kegiatannya terdiri dari pembongkaran/penggalian, pemuatan kedalam alat angkut dan pengangkutan ke fasilitas pengolahan maupun langsung dipasarkan apabila tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Kegiatan membutuhkan lahan yang luas dan menggunakan alat-alat mekanis untuk keperluan produksinya. Bukaan lahan bekas tambang nantinya dilakukan reklamasi untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai dengan peruntukannya.

7. Pengolahan bahan galian

 

Pengolahan bahan galian dilakukan untuk memisahkan antara mineral berharga dan mineral tidak berharga sehingga didapatkan mineral berharga dalam kadar yang tinggi.

8. Pemasaran

 

Setelah didapatkan mineral berharga dalam kadar yang tinggi selanjutnya dapat di pasarkan sebagai bahan dasar untuk industri hilir, seperti industri logam, industri manufaktur dll.
Kerusakan Kawasan Hutan di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya
Saat ini banyak pandangan negative yang ditujukan akibat kegiatan pertambangan, seperti kerusakan hutan, pencemaran limbah dll. Pandangan ini tidak semuanya benar, banyak sisi positif yang dapat diambil dari adanya kegiatan pertambangan jika pengelolaannya dilakukan dengan benar dan menganut good mining practice, yaitu cara penambangan yang menggunakan kaidah-kaidah teknik pertambangan yang baik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan keberlanjutan. 
Terlepas dari pandangan negatif tentang pertambangan diatas, pertambangan merupakan salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan. Dalam prakteknya banyak perusahaan pertambangan yang telah melakukan kegiatan pertambangan dengan memperhatikan lingkungan dan kondisi masyarakat sekitar tambang. Perbaikan lingkungan dilakukan dengan mereklamasi lahan bekas penambangan sesuai peruntukan fungsi lahan, revegetasi dan melakukan pengembangan masyarakat (community development) untuk memberdayakan perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar tambang. Banyak lokasi bekas penambangan yang selanjutnya dimanfaatkan untuk daerah wisata seperti di dalam negeri di Sumatera Barat bekas penambangan batuabara PT. Bukit Asam, di luar negeri Menara Petronas, Mine Resort City, Mine Wonderland di Malaysia, Balaraat di Australia dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa perusahaan tambang sudah melakukan program Corporate Social Responsibility, sebagai kepedulian sosial perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat. Bagian terpenting untuk dilakukan saat ini adalah bagaimana merencanakan pengelolaan potensi sumber daya mineral yang dimiliki suatu daerah agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin bagi kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan pemerintah, pengusaha dan masyarakat sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

55 komentar:

  1. ternyata ada banyak Tahapan dalam melakukan Kegiatan Pertambangan.baru tahu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang banyak kok, makanya bisnis pertambangan ini bukan hal mudah, makasih udah mampir :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus

    4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Busett... modalnya seberapa tuh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gede sekali mas, bisa ratusan hingga milyaran rupiah

      Hapus
  3. Harapannya sih.. ndak seperti yg di kuatirkan ya mas..karena memang ada yg di untungkan dan ada yg merasa sebaliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga para pengusaha tambang juga cinta lingkungan sehingga bekas hasil tambang juga tak terbengkalai sia2 jadi tanah tandus, tapi bisa dimanfaatkan bagi warga sekitar

      Hapus
  4. memang proses pertambangan itu ribet >,< baru tahu saya. kirain cuma gali terus dimurniin begitu saja :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dengan info ini wawasan kita sama2 bertambah ya tentang pertambangan :)

      Hapus
  5. ribet ya ternyata, banyak prosesnya, jadi nambah ilmu deh :')

    BalasHapus
  6. Wajar saja bila kerja dipertambangan gaji nya lumayan....
    kaya di SIS,atau astra pama, krn memang di Indonesia masih potensialnya SDA yg tdk dpt diperbaharui itu

    tapi sayangnya, harus sanggup pisah dr keluarga

    bukan gw banget,hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm pada akhirnya itu pilihan masing-masing orang sih, tinggal pilih dgn bijak.

      Hapus
  7. ternyata nambang itu rumit, njelimet! gue kira cuma nyari" sama ndata" doang! taunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga karna info ini jadi lebih tau ya ttg pertambangan ;)

      Hapus
  8. ternyata jenis pertambangan pun ada golongannya. Memang harus ribet yah, sesuai sama hasilnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, kalo sukses hasilnya pun berlipat2. makanya byk org tergiur dgn pertambangan.

      Hapus
  9. lengkap sudah penjelasannya, tapi sanyangnya di kalimantan selatan untuk penambang lokal sudah kesusahan mencari lahan mbak, dan bulan agustus ini harga batu bara juga lagi breakdown alias turun, banyak phk termasuh di tempat saya........

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali ya, semoga harganya kembali stabil. kasian juga para buruh pertambangan yg kehilangan pekerjaan

      Hapus
  10. Hi, thanks for missing me and sweet comment at my blog. Sebenarnya, gak ada yang salah dengan pertambangan, hanya saja masih banyak pihak2 yang kurang bertanggung jawab dan cuma mementingkan kelompoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello dear, thanks to visitback. long time no see you too. well, i hope people realize to mining project should be more concern about environment.

      Hapus
  11. Bagus gan dunia tambangnya, ane makin tertarik nih di pertambangan

    BalasHapus
  12. Hi, ditunggu ya postingan barunya :)

    BalasHapus
  13. ternyata tahapannya banyak juga yah. jadi nambah nih ilmunya :)

    BalasHapus
  14. Wah asik jadi tahu nih tentang dunia pertambangan :D
    ternyata banyak tahapan dan macemnya yah..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Wah... jadi banyak pengetahuan yang saya dapat disini...

    BalasHapus
  17. High risk high return. Low risk low return. Menggiurkan tp klo rugi abis2an juga seperti kawan saya. Gagal di tambang semua asetnya dijual. Sedih melihatnya

    BalasHapus
  18. Gan, ingin bermain taruhan bola online?
    Dijamin aman dan terpercaya, kalau masih sangsi, silahkan coba dulu ya.. gabung bersama kami, di WWW.AGENCASH.COM/PENDAFTARAN
    Kami adalah agen bola dan casino online.. sistem cepat dan puas.. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tanya cs online kami disana ya.. Trims

    BalasHapus
  19. wah keren , ayo gabung web kami banyak promo menariknyaa

    http://judionline168.com/daftar/

    BalasHapus
  20. widiih mantep nih pengetahuan....


    Rumah minimalis keren dengan pemandangan danau di selatan Jakarta, klik http://citralakesawangan.com/lake-area/

    BalasHapus
  21. widiih mantep nih pengetahuan....


    Rumah minimalis keren dengan pemandangan danau di selatan Jakarta, klik http://citralakesawangan.com/lake-area/

    BalasHapus
  22. Mari bergabung bersama ASIANBET77.COM Disini kami menyediakan berbagai macam jenis permainan betting online, seperti Taruhan Bola Online, Casino Online, Togel Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak lagi game taruhan online lainnya....

    Pendaftaran gratis tidak dikenakan biaya apapun juga, minimal Deposit sangat ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa bergabung bersama kami. ASIANBET77.COM bekerja sama dengan bank lokal yakni BCA, MANDIRI & BNI. Sehingga memudahkan anda untuk bertransaksi bersama kami.

    Customer service kami yang Ramah dan Profesional akan siap membantu anda selama 24 jam full, ayo segera daftarkan diri anda bersama kami ASIANBET77.COM. Dan dapatkan promo2 menarik dari kami.untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi CS kami :

    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    Wechat : asianbet_77
    sms center : +639052137234
    pin bb : 2B4BB06A

    BalasHapus
  23. ternyata pertambangan juga banyak ilmunya ya haha

    BalasHapus
  24. belum pernah liat prosesnya secara langsung tapi sering lihat lahan bekas tambang yang sudah ditinggalkan


    Apartemen eksklusif di Jakarta dengan pemandangan danau dilengkapi fasilitas lengkap dan high class. Klik http://citralakesuites.com/swimming-pool/

    BalasHapus
  25. namun pertmabngan bisa merusak lingkungan juga, skrg perlu perhatikan Go Grreen

    Please visit for For volunteerism, philantrophy dan humanism #LetsHelpRohingya

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. saya sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak yang sekian kalinya kepada mbah wirang karna nomor togel singapure yang mbah berikan 4D yaitu..0239..alhamdulillah ternyata tembus lagi ,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan mbah wirang karna beliau sudah banyak membantu kami sekeluarga dengan angka2 ghoibnya dan telah merubah kehidupan saya jauh lebih layak dari pada sebelumnya,berkat mbah wirang kami sudah punya rumah sendiri dan juga punya usaha sendiri , dan sudah punya tabungan di BANK sudah begitu banyak. Peramal lain yang saya mintai angka jitu tidak ada satupun yang tembus malahan saya terlilit hutang yang lumayan cukup banyak,dan Akhirnya saya mendapatkan peramal togel yang asli saya akui kalau mbah wirang memang peramal jitu dan pantas di ajungkan jempol,jika anda ingin merubah nasib anda dengan angka ghoib yang di jamin 100% jebol,hubungi mbah wirang di nomor : 082_346_667_564 jangan di sms soalnya maklum orang tua tak bisa ,angka yang di berikan mbah wirang jangan di ragukan lagi soalnya saya sudah membuktikannya sendiri,angka ghoib yang mbah wirang berikan mulai dari 2d,3d,4d semuanya tembus 100% , sudah 3 kali putaran saya menang Dan tidak pernah meleset , dan hanya mbah wirang yang bisa menjamin 100% kemenangan,sekarang giliran anda membuktikannya sendiri, INI ASLI, BUKAN REKAYASAH !!! …. Kembali saya sampaikan kepada anda semua jika anda butuh angka togel jitu 2d 3d 4d untuk putaran
    SINGAPURE HONGKONG MALAYSIA THAILAND SIDNEY MACAU silahkan bergabung jadi anggota memeber di MBAH WIRANG insya allah anda akan merasakan kemenangan.. jangan sia-siakan kesempatan anda..



    Salam succes all




    BalasHapus
  28. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  29. Berbagai hasil alam yang diperoleh dari pertambangan merupakan salah satu aset negeri ini...

    BalasHapus
  30. nambang yang sopan. jangan sampai alam juga ikut rusak

    BalasHapus
  31. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    BalasHapus
  32. Admin, if not okay please remove!

    Our facebook group “selfless” is spending this month spreading awareness on prostate cancer & research with a custom t-shirt design. Purchase proceeds will go to cancer.org, as listed on the shirt and shirt design.

    www.teespring.com/prostate-cancer-research

    BalasHapus
  33. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  34. kegiatan pertambangan itu banyak tahapannya ternyata, baru tau

    BalasHapus
  35. Keren artikelnya begitu jelas dan kompleks. membuat wawasan saya terbuka lebih lebar mengenai pertambangan. terima kasih

    BalasHapus
  36. artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa mampir ketempat kami juga yah

    http://www.anekajudionline.com/

    BalasHapus
  37. thanks banget, artikel ini sangat bagus.!!

    Hi guys,saya mau recomendasikan buat kalian yang suka bermain permainan judi online

    Cukup hanya dengan melakukan minimal deposit Rp 10.000 , kalian sudah dapat menikmati permainan yang kami sediahkan.

    menangkan taruhan anda Bersama Nasapoker Jackpot Ratusan juta Rupiah Dan raih kesempatan Undian Gagdet ASUS secara cuma-cuma ??

    Jadi tunggu apalagi , segera DAFTAR – MAIN – MENANG – WITHDRAW…
    Hanya di http://www.nasapoker.com

    contact :
    bbm 2870ACC5
    instagram : NASA_POKER
    LINE : NASA.POKER
    Wechat : nasapoker7M

    Online Poker Websites

    BalasHapus
  38. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar, berpendapat, dll. Tiap komentar akan saya balas, dan akan saya kunjungi balik. Bagi yang mau tukaran link atau saling follow juga boleh :)